January 8, 2015


Saya biasanya memasak secara spontan dengan melihat bahan yang tersedia dalam kulkas, lalu apa yang terlintas di benak, itulah yang akhirnya dibuat. Minusnya, memakai cara seperti ini adalah bahwa bila tidak ada inspirasi... menit-menit menjelang kepulangan para anggota keluarga akan terasa mendebarkan. Kurang bagus juga bukan, masakan belum jadi di saat orang pulang dengan perut kerocongan,

Belajar dari pengalaman, akhirnya saya berniat untuk membuat menu sebulan. Baca-baca online, pola yang bisa kita pakai dalam menyusun sebuah menu adalah berdasarkan jenis lauk apa yang hendak disajikan. Misalkan, seperti yang coba saya lakukan: ayam, ikan, daging plus cumi (karena kebetulan baru beli). Urutkan semua jenis lauk ini dari tanggal pertama pada bulan yang tengah berjalan, lalu mulai lagi dari awal hingga selesai diurutkan sampai satu bulan.

Tahap berikutnya adalah menentukan menu yang bisa dimasak untuk tiap jenis lauk tersebut. Misalkan, cap cay ayam, fish cake (perkedel ikan), nugget daging cincang, cumi sambal merah. Inspirasi bisa diambil dari menu yang sehari-hari dimasak atau dengan mencari resep di internet.

Selesai memilih menu lauk yang diinginkan, cobalah mencari sayuran pendampingnya. Inspirasi bisa dilakukan dengan melihat bahan yang tersedia di kulkas atau lagi-lagi coba cari resep di internet. Lengkapi juga menu sehari dengan buah atau snack pilihan.

Terus terang, menyusun menu sebulan ternyata tidak semudah yang saya duga. Ini sudah merupakan hari ketiga, tapi buah atau snack pilihan belum juga ditentukan semua. Akhirnya, saya putuskan untuk membuat daftar menu masakan seminggu saja untuk minggu ke-1 bulan Januari ini.

Apa Anda juga suka bingung menentukan apa yang hendak dimasak? Berikut ini daftar menu masakan seminggu yang sudah berhasil saya susun. Mungkin bisa memberi sedikit tambahan inspirasi untuk menu masakan Anda sendiri.

Daftar Menu Masakan Seminggu 01 
Sumber Template Gratis:

0 food and drink lover(s):